SUPPORT dan RESISTANCE

Minggu, 07 November 2010


Analisis teknikal adalah suatu analisis di pasar modal yang menggunakan data harga pada masa lalu untuk memprediksikan harga dimasa depan. Analisi teknikal dibagi lagi menjadi dua yaitu analisis teknikal klasik dan analisis teknikal modern. Analisis teknikal klasik menggunakan garis support dan resistance yang membentuk suatu pola-pola tertentu. Analisis teknikal modern menggunakan indikator-indikator untuk menentukan sinya beli dan sinya jual. Saat ini penulis hanya akan mencoba memberika penjelasan analisis teknikal khususnya tentang support dan resistance.  

Support adalah suatu level atau area pada chart di mana minat beli investor cenderung meningkat sedemikian rupa dalam menghadapi tekanan jual yang terjadi di pasar sehingga pasar berbalik arah menjadi bullish (uptrend). Pengertian lain dari support adalah tingkat harga di mana ada permintaan yang memadai untuk keamanan untuk menghentikan ke bawah. Support terjadi pada posisi terendah dari suatu harga.
Resistance adalah suatu level atau area pada chart di mana tekanan jual melampaui tekanan beli sehingga pasar berbalik arah menjadi bearish (downtrend). Setiap kali suatu resistance diuji, saham yang sedang uptrend berada dalam zona kritis karena jika resistance ini tidak kuat dan berbalik arah maka harga saham akan turun dan terjadi downtrend.


0 komentar: